Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan

Pertanian

Bupati Lima Puluh Kota mengapresiasi Panen Jagung di Kelompok Tani Fajar Surya Kecamatan Situjuh Limo Nagari

Senin, 10 April 2017 - 12:57:27 WIB | dibaca: 1499 pembaca

Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi, mengapresiasi Field Day Panen Jagung Kelompok Tani Fajar Surya di hamparan pertanaman jagung di Jorong Padang Jariang, Nagari Situjuh Gadang, Kecamatan Situjuh Limo Nagari pada hari kamis, tanggal 6 April 2017.
 
Dalam Acara Field Day ini, Bapak Bupati hadir bersama staff dan rombongan. Dan dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan diwakili oleh Sekretaris Dinas , Ir. Eki Hari Purnama, MS, dan Kabid Tanaman Pangan, Ir. H. Masmariel.  Selain itu juga tampak rekan rekan penyuluh dan Ka UPT dari Kecamatan kecamatan sekitar juga hadir.
 
Hamparan tanaman Jagung seluas 30 hektar ini dikelola oleh 3 Kelompok tani, yaitu Kelompok Tani Fajar Surya, KWT Saiyo, dan Kelompok Tani Sepakat.  Pada pertanaman ini kelompok yang dibimbing oleh Asniwarti, penyuluh pertanian nagari Situjuh Gadang, menerapkan sistem Jajar Legowo dengan berbagai varietas jagung hibrida, yaitu Bisi, Pertiwi dan NK. 
 
Dari perhitungan ubinan diperoleh estimasi produksi sebesar 12Ton pipilan kering /Ha, bila dibandingkan dengan penerapan sistem budidaya jagung konvensional dengan kapasitas produksi 9 ton pipilan kering/Ha, dapat disimpulkan penerapan teknologi Jajar legowo pada budidaya jagung memberikan peningkatan produksi yang signifikan, dan patut diterapkan petani dalam upaya peningkatan produksi jagung dan kesejahteraan petani. 
 
Pada kesempatan ini, Bupati Lima Puluh Kota mengapresiasi upaya kelompok tani dalam mengelola hamparan pertanaman jagung seluas 30 hektar ini, dengan melibatkan beberapa kelompok tani. Disamping itu Bapak Bupati juga berpesan agar prestasi yang telah berhasil dicapai ini menjadi dasar bagi kita semua untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.
 
Afrides, ketua kelompok tani Fajar Surya, menjelaskan bahwa kondisi ini bisa terwujud karena kegigihan dan keinginan anggota kelompok dalam menerapkan teknologi budidaya yang disampaikan oleh penyuluh. Disamping itu masyarakat juga memohon pendampingan dari dinas terkait, yaitu Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, dalam menfasilitasi usaha tani mereka, baik dalam bentuk bantuan benih, alsintan, dan lain sebagainya.
 
Menyikapi harapan dan permohonan masyarakat, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan bersama Kabid Tanaman Pangan akan menindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang berlaku. Masyarakat juga diajak untuk ikut serta menyusun dan mengawal perencanaan pembangunan didaerah melalui musrenbang diwilayah masing masing, karena kegiatan kegiatan dinas juga merupakan hasil dari usulan dan prioritas Musrenbang (distanhortbun1).




Statistik

Pengunjung hari ini: 26
Total pengunjung: 17221
Hits hari ini: 60
Total Hits: 63796
Pengunjung Online: 1

Banner

Saran

Untitled Document