Admin
Kamis, 04 Agustus 2022
20 Dibaca


image1

Pada hari Selasa 26 Juli 2022, BPP Guguak menggelar Forum Berbagi Pengalaman Antar Petani melibatkan 50 orang peserta utusan dari kelompok tani padi di Kecamatan Guguak. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan IPDMIP melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota. 
Acara dibuka oleh Efriyanti, SP Kasi Kelembagaan pada Distanhortbun Kab Limapuluh Kota, dan dilanjutkan berbagi pengalaman antar petani.
Petani yang telah mengikuti Sekolah Lapang  (SL) Padi menyampaikan pengalamannya dalam belajar dan menerapkan teknologi sesuai anjuran. 
Beberapa pengalaman yang dibagikan yaitu seleksi benih padi menggunakan garam dan telur untuk mendapatkan benih bernas berkualitas, pemanfaatan sumber daya alam disekitar sebagai pupuk  dan pestisida nabati, teknologi jajar legowo ( jarwo) , pemupukan, pengelolaan air , pemanfaatan alat siang dan analisa usaha tani padi. 
Khusus untuk teknologi jarwo peserta sangat berminat untuk melaksanakan dilahan masing- masing. Dalam berbagi pengalamannya Ridwan salah satu petani yang telah mengikuti  SL padi   menyampaikan ," dengan jarwo rumpun padi akan bertambah, memudahkan dalam pemeliharaan, efektif dalam pemupukan, mengurangi  serangan  hama penyakit dan hasil yang telah kami dapatkan meningkat dari tanam biasa".
Testimoni dari salah satu petani Nusyirwan menyampaikan," teknologi ini akan sangat menguntungkan bagi petani padi, saya harap kita bisa menerapkan dilahan kita masing- masing,".
BPP Kecamatan Guguak dan staff lapang IPDMIP sebagai pemandu dalam kegiatan ini, melalui Koordinator berharap jarwo berkembang di Kecamatan Guguak untuk menjawab permasalahan pangan dimana luas lahan sawah semakin berkurang dan kebutuhan pangan makin bertambah.

Statistik


Banner


Saran Masuk



Sampaikan Saran Anda