DINAS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULUTRA

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

KEGIATAN PENGABDIAN KE MESYARAKAT KAMPUS POLITANI NEGERI PAYAKUMBUH GANDENG BPP GUGUAK

Admin
Senin, 22 Agustus 2022
224 Dibaca
...

Pada hari kamis, 18 Agustus 2022  yang bertempat di BPP Kecamatan Guguak Politani Negeri Payakumbuh melakukan pengabdian ke masyarakat dengan mengandeng BPP Kecamatan Guguak.
Kegiatan pengabdian ke masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pelatihan pengolahan hasil tanaman jahe ke Kelompok Tani se- Kecamatan Guguak yang diwakili oleh 20 orang wanita petani dan 6 orang ppl Kecamatan Guguak
Dalam sambutannya Andrik Marta, SP, MP selaku ketua tim  dosen kegiatan pengabdian ini menyampaikan bahwa," pelatihan ini dimaksudkan agar petani tidak hanya terampil dalam budidaya tapi diharapkan juga bisa mengolah dan memasarkan produknya sehingga menambah pendapatan keluarga".
Dosen lainnya yang hadir dalam kegiatan ini Indria Ukrita, SP.MSc, Dra.Darnetti, Ak, M.Si, Raeza Firsta Wirsa, SE.Akt, M.Si dan Henny Fitri Yenti, S.TP, M.Sc. Materi pelatihan pengolahan hasil tanaman jahe ini menghasilkan 3 produk yaitu jahe bubuk, minuman bubuk jahe dan permen jahe. Disamping mendapatkan materi pelatihan, juga dilanjutkan dengan praktek pembuatan produk olahan jahe tersebut. Acara ditutup dengan menghitung analisa usaha tani dari setiap produk yang dihasilkan.
Koordinator BPP Kecamatan Guguak Arifah Rahmi, SP berharap dengan pelatihan ini bisa meningkatkan pendapatan petani dan menjawab tantangan hari ini yakni harga jual jahe yang sangat rendah kisaran Rp.4000/ kg. AR

Berita terkait
share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback